Tutorial Memasang Theme di Blogger

Buat para suhu, sepertinya artikel ini pasti diskip. Tapi saya percaya, ada orang lain yang pemula seperti saya yang perlu tutorial untuk mengganti Theme.

Judul awalnya "Tutorial Memasang Theme", kemudian saya tambahkan kata "di Blogger" agar tidak menyesatkan. Karena CMS selain blogger ada lagi namanya Wordpress. Dan di artikel ini khusus untuk blogger saja ya.

Theme di Blogger sebenarnya sudah tersedia. Kita tinggal memilih theme bawaan. Namun jika dirasa tidak menarik, kita bisa mencari di website penyedia theme gratisan. Atau kalau yang lebih bagus lagi, yang berbayar.

Karena saya pemula, saya pilih yang gratisan saja dulu.

Dan pilihan saya jatuh pada...

Saya pakai theme-nya dari jurnal-firman.blogspot.com. Katanya sih dari template gratisan yang sama dia dioprek. Dan ini pun juga saya oprek sedikit. Yang ga paham maksudnya oprek itu memodifikasi ya gais...

Ok, kita coba jabarkan step by stepnya ya

1. Menu di sebelah kiri, pilih menu Theme. Di atas sendiri ada tombol dropdown "CUSTOMIZE", pilih edit HTML

2. Akan muncul window editor seperti gambar di bawah ini

screenshot-editor-theme

3. Buka file .xml dari theme yang sudah didownload dengan Notepad

4. Select All (Ctrl+A) kemudian Copy(Ctrl+C)

5. Kembali Editor Tema Blogger

6. Select All (Ctrl+A) semua script di editor, kemudian paste (Ctrl+V)

7. Simpan dengan meng-klik icon simpan di pojok kanan bawah

8. Coba akses domain blogspot kita masing-masing

9. Dan, voila! Tema sudah berubah

Mudah bukan? Dan itu terlihat ada icon pensil, abaikan saja, karena itu muncul saat kita mode login di blogger, sedangkan orang luar tidak akan melihat icon tersebut.

Selanjutnya sekarang, kita bisa menambahkan berbagai widget pada menu Layout. Tapi untuk saya, rasanya cukup. Karena menambah-nambahkan widget khawatir membuat loading web menjadi lambat. Itu sih saya. Kalau kamu mau mencoba explorasi ya silahkan.

Segitu aja bahasan kali ini, kita jumpa pada artikel berikutnya.

Baca Juga: Mulailah Menulis