Promosikan Tulisan Kita

Setelah rajin menulis, kini waktunya untuk mempromosikan apa saja yang kita tulis ke publik, agar orang mengetahui tulisan-tulisan kita.

Ada banyak cara untuk mempromosikan tulisan kita, dan kita akan bahas satu persatu dari yang mudah dan murah sampai yang berbayar.

1. Promosi di Media Sosial

Jaman sekarang hampir sebagian besar masyarakat memiliki akun media sosial. Ada yang aktif berinteraksi, ada pula yang pasif. Jika kita termasuk yang aktif, maka manfaatkan media sosial kita untuk bisa mendapatkan pengunjung yang mungkin saja tertarik dengan tulisan-tulisan kita.

Karena itu, setiap ada karya baru, bagikan ke media sosial kita. Berikan narasi yang menarik, yang bisa mengajak orang untuk tertarik melihatnya, membacanya dan mengklik tautan menuju tulisan di blog kita.

Promosi ini harus kita lakukan terus menerus. Bisa jadi di saat pertama kali sharing, tidak ada yang melihatnya atau banyak yang mengabaikan. Namun seiring waktu, pasti akan mulai banyak yang melihatnya.

2. Promosi Berbayar Menggunakan Facebook Ads

Jika memiliki banyak uang, dan memang tidak terlalu memusingkan dengan untung rugi, maka kita bisa menggunakan facebook ads untuk mempercepat promosi kita.

Tidak ada jaminan promosi yang kita lakukan akan mendapatkan respon baik. Karena banyak faktor yang mempengaruhi. Seperti apakah tulisan kita menarik untuk target ads, ataukah pemilihan target kita yang salah.

3. Promosi Melalui Hasil Pencarian Google

Untuk promosi yang ketiga ini ada 2 jenis. Yaitu yang berbayar, dan yang gratis. Kita akan bahas satu per satu.

Jaman sekarang banyak orang melakukan pencarian informasi di internet menggunakan platform mesin pencari seperti google. Mereka memasukkan kata yang ingin dicari, dan sejenak google akan meresponnya dengan daftar alamat-alamat web yang mengandung informasi yang memiliki relevansi dengan kata yang ingin dicari.

Diantara daftar alamat-alamat tersebut, ada alamat web dengan tanda "bersponsor" yang artinya web tersebut muncul di daftar karena membayar. Mereka muncul karena mereka memasang iklan pada kata kunci yang mereka target.

Kita pun juga bisa melakukan cara tersebut. Gunakan platform google ads, tentukan kata kunci yang kita target, tentukan budget, dan beres. Tinggal menunggu pengunjung datang.

Namun untuk kita yang ingin mempromosikan dengan cara gratis tapi bisa muncul di daftar pencarian, maka kita harus menggunakan teknik SEO.

Sebagaimana blog ini dibuat, tujuannya adalah untuk menjadi penulis SEO, maka kita akan menerapkan teknik SEO pada artikel-artikel berikutnya.

Itulah beberapa cara populer untuk mempromosikan tulisan atau web kita. Dengan semakin banyak yang tahu tentang karya kita, jika bermanfaat akan datang pengunjung yang makin lama makin banyak.

Baca Juga: