Menerapkan SEO pada Artikel

Saat mempelajari tentang panjang judul pada artikel sebelumnya, hal tersebut merupakan salah satu metrik yang digunakan pada SEO.

Apa itu SEO?

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, atau bahasa sederhananya yaitu sesuatu yang dilakukan pada artikel agar bisa mendapatkan posisi terbaik pada halaman hasil pencarian.

SEO tidak cuman soal panjang judul, karena ada 200 metrik yang mempengaruhi bagaimana posisi artikel kita berada pada halaman hasil pencarian. Dan kita akan mempelajarinya satu per satu, entah apakah ke semua 200 itu, ataukah hanya beberapa saja.

Saat kita mempelajari kata kunci melalui halaman google, dan memasukannya pada struktur kalimat di artikel kita, itu pun adalah salah satu cara agar google mengelompokkan artikel kita pada kata kunci-kata kunci yang sudah kita pilih.

Begitu juga dengan judul, tidak sekedar kita perhatikan panjangnya, tapi keterkaitan antara judul dan kata kunci yang ada pada badan artikel, harus memiliki hubungan.

Kemudian setelah artikel kita berhasil tertaut pada kata kunci, maka tinggal langkah berikutnya mendongkraknya agar posisinya bisa menjadi posisi teratas. Kalau tidak posisi pertama, setidaknya bisa menempati pejwan atau halaman pertama.

Apakah SEO Wajib Dilakukan

Jika menulis hanya menjadi hobi untuk menuangkan gagasan ke dalam tulisan tanpa perlu target pembaca, maka kita tidak perlu memperhatikan aturan SEO. Tapi sebaliknya, jika menurut kita, buah karya kita memiliki manfaat jika dibaca orang lain, maka SEO adalah mutlak dilakukan.

Walau tidak ada jaminan bagaimana SEO bisa mendongkrak posisi kita di halaman hasil pencarian, karena algoritma Google hanya diketahui oleh Google sendiri, namun dengan menerapkan SEO pada artikel kita, setidaknya artikel kita siap untuk ditemukan. Dan selanjutnya biarkan algoritma Google yang melakukan keajaibannya.

Jenis-jenis SEO

Ada dua jenis SEO yang bisa kita terapkan pada artikel kita. Yang pertama adalah SEO On Page dan lainnya adalah SEO Off Page.

SEO On Page adalah menerapkan metrik SEO pada apa yang bisa dilihat oleh orang, seperti judul, panjang, kata kunci pada kalimat artikel dan sejenisnya. Artinya SEO On Page adalah optimasi yang dilakukan pada unsur-unsur visual dari halaman website.

Sedangkan SEO Off Page, adalah optimasi yang dilakukan pada struktur HTML. Dan untuk melakukan SEO Off Page, kita harus memahami sedikit ilmu tentang bahasa HTML.

Sekarang sudah mulai paham kan apa yang sudah kita lakukan sebelumnya, dan bagaimana peran SEO penting untuk artikel kita. Maka bersiaplah untuk mulai naik level pada artikel-artikel berikutnya.