Bikin Rumah Dulu!

Ya, betul. Untuk mengawali menjadi penulis, harus punya rumah tempat semua karya tulisan kita dipamerkan. Tentunya rumah yang dimaksud bukan rumah beneran donk, tapi berupa website yang sudah tertanam CMS.

Apa itu CMS?

CMS adalah singkatan dari Content Management System, yang artinya sebuah software atau progran atau aplikasi yang memungkinkan kita untuk menulis, mengubah, menghapus dan menampilkan karya tulis pada sebuah website.

Tanpa CMS, akan ada effort yang harus dikeluarkan untuk membuat struktur html agar ditampilkan di website. Dan CMS membuat kita sebagai penulis, cukup fokus di membuat tulisan saja. Dan sedikit-sedikit memahami theme atau tema agar bisa mengkustom tampilan agar lebih variatif dan tidak membosankan.

Mengenal Theme

Ibaratnya rumah, thema itu seperti cat-nya. Dibuat bagus agar orang nyaman melihatnya. Karena tujuan menjadi penulis itu agar tulisan kita dibaca orang. Dengan cat yang indah dan elok dipandang, tentunya orang akan betah berlama-lama dengan tulisan-tulisan kita.

Memilih Hosting

Sudah ada CMS untuk membuat website secara otomatis, tapi tidak ada hosting, sama juga bohong. Karena website itu ibaratnya sebuah rumah, dan hosting adalah tanah tempat rumah itu berdiri.

Untuk itu kita perlu memiliki hosting agar website kita bisa "berdiri". Hosting ada yang berbayar, namun karena saya masih pemula, maka saya pilih blogger sebagai tanah yang akan saya dirikan rumah website.

Blogger saya pilih karena disediakan oleh google, dan sudah tertanam CMS. Jadi setidaknya saya tidak perlu berpikir tentang biaya bayar hosting.

Nama Domain

Ibaratnya rumah butuh alamat agar orang tahu harus berkunjung kemana. Karena itu kita harus mendaftarkan nama domain sebagai identitas rumah kita untuk dikenali pengunjung.

Blogger sudah all-in-one. Saat pertama kali membuat, kita sudah diminta untuk menentukan nama domain. Namun karena ini gratis, maka domainnya nanti akan bernama seperti ini: penulisseopemula.blogspot.com

Nah, kayaknya sudah siap semua, selanjutnya mari menulis!

Baca Juga: Memilih Tema untuk Blog