Cara Menggunakan Google Search Console untuk Mempercepat Index

Di artikel sebelumnya dibahas tentang cara mempromosikan website kita, yang salah satu caranya adalah melalui hasil pencarian google.

Untuk bisa muncul di halaman pencarian google hanya bisa terjadi jika kita membuat tulisan atau artikel yang memiliki kata-kata yang mungkin akan dicari oleh orang lain di google.

Kata-kata itu disebut juga sebagai kata kunci. Pengertian lebih jelasnya, kata kunci adalah terminologi atau rangkaian kata yang terkandung dalam tulisan, sebagai ringkasan yang mewakili keseluruhan tulisan. Karena itu di artikel sebelumnya dibahas bahwa kita harus membiasakan menulis artikel yang benar dengan topik tertentu, karena tujuannya adalah kita harus bisa menangkap potensi kata kunci yang mungkin bisa menjaring calon pembaca untuk membaca tulisan kita.

Setelah tulisan dipublish, agar bisa muncul di halaman pencarian google, tulisan kita harus bisa terindex terlebih dahulu oleh google.

Secara default, google akan datang mengindex tulisan kita pada suatu waktu tertentu. Hanya sayangnya, kita tidak mengetahui, kapan cara mengindex website di google datang.

Karena itu, ada langkah lain dimana kita yang harus pro-aktif memberitahu google agar segera mengindex halaman tulisan kita.

Adalah Google Search Console login sebuah produk dari Google yang diciptakan sebagai tools untuk memberitahu Google jika ada website atau halaman yang ingin segera diindex.

Google Search Console adalah salah satu produk Google yang membantu jika ada website yang perlu segera diindex oleh Google agar bisa ditemukan oleh mesin pencari.

Cara penggunaanya juga termasuk mudah. Kita tinggal mendaftarkan website kita, yang bisa dilakukan cukup satu kali. Selanjutnya kita cukup mendaftarkan URL halaman kita setiap ada artikel atau tulisan baru yang sudah dipublish.

Cara Daftar Website di Google Search Console untuk Pertama Kali

1. Buka Google Search Console

2. Pada menu dropdown, pilih "Add Site"

3. Akan muncul dialog yang harus kita pilih untuk bagaimana Google mengidentifikasi website kita. Ada 2 metode yang bisa kita pilih. Pertama  verifikasi secara domain. Kedua, verifikasi dengan mengunggah file di root. Saya lebih suka menggunakan metode yang kedua. Namun untuk domain blogspot, biasanya langsung bisa menggunakan cara pertama.

4. Setelah verifikasi site pertama kali, selanjutnya kita harus menunggu 2 x 24 jam sampai google selesai merayap semua artikel atau tulisan di website kita.

Setelah mendapatkan pemberitahuan jika perayapan google sudah selesai, kita bisa mengecek di Google Search Console untuk melihat statistiknya.

Cara Cek Site Sudah Di Index Google

Kemudian kita bisa memastikan seberapa banyak artikel yang sudah diindex oleh Google, dengan cara:

1. Buka google.com

2. Gunakan View Desktop Site jika dari HP

3. Ketik site:alamatwebsitekita.com

4. Lihat hasil pencarian berapa artikel yang sudah di-index

Setelah berhasil terindex, lanjutkan menulis artikel baru. Dan setelah selesai menerbitkan artikel baru, daftarkan kembali ke Google Search Console dengan langkah yang sudah dijelaskan di atas.

Cara Agar Website/Artikel Baru Segera di-Index Google

1. Copy URL artikel yang baru kita terbitkan

2. Buka Google Search Console

3. Pada dropdown site, pilih Website dari artikel yang akan kamu daftarkan.

4. Pada kolom pencarian, paste URL yang sudah kamu salin pada langkah 1, kemudian enter atau klik kaca pembesar.

5. Tunggu, Google akan membaca data apakah URL yang akan kamu daftarkan sudah terindex apa belum.

6. Jika sudah terindex akan muncul data hasil index, seperti tanggal dan jam kapan terindex, sumber google mengindexnya dari referensi mana, dan lain-lain.

7. Jika belum terindex akan muncul tombol "Request Index"

8. Klik tombol "Request Index" untuk memulai proses mendaftarkan URL baru kita

9. Selesai

10. Jangan melakukan spam Request, karena tidak akan bisa memaksa Google alias tidak berpengaruh apa-apa.

Setelah kamu daftarkan, lanjutkan menulis artikel lainnya, dan daftarkan kembali seperti langkah di atas, jika ada artikel baru.

Cara Cek Artikel Baru di Site Sudah Terindex Google

Setelah kamu daftarkan, kamu bisa mengeceknya untuk mengetahui apakah Request Index kita berhasil atau tidak. Cara untuk mengeceknya adalah sebagau berikut:

1. Ketik google.com

2. Masukkan kata kunci, site:namasitekita.com judul_artikel kemudian enter

3. Jika sudah muncul, maka artikel sudah terindex.

4. Jika belum, kamu bisa masuk kembali ke Google Search Console

5. Pada kolom pencarian, paste URL artikel yang seharusnya sudah kita request sebelumnya.

6. Tunggu hasil pengecekan di database Google.

7. Jika sudah berhasil terindex tapi di pencarian belum terlihat, tidak masalah.  Hal itu terjadi karena kita Google butuh mensinkronkan dengan database mereka di semua datacenter mereka.

8. Tapi jika responnya belum terindex juga, kamu bisa mencoba klik "Request Index" kembali. Walaupun google sudah memberi catatan bahwa spam Request tidak berpengaruh apa-apa, namun sebagai pengguna yang hanya tahunya melihat dari hasil pengecekan, maka hanya itu yang bisa kita lakukan.

9. Ada baiknya kita menjadwal diri kita untuk memastikan URL yang kita request sudah atau belum berhasil terindex. Saya biasanya memberi jeda 2x24 jam untuk kemudian mengecek kembali.

Bagaimana jika suatu hari, kita membutuhkan untuk mengubah artikel kita, seperti mengubah kata kunci karena sudah tidak populer lagi? Sama seperti saat kita mempublish tulisan baru. Kita bisa meminta google untuk merequest kembali.

Itulah cara agar artikel atau website kita bisa cepat di index Google.