Memilih Tema untuk Blog

Judulnya singkat ya? Hehehe... namanya juga pemula. Tapi menurut kabar, nantinya kalo sudah masuk ke pembahasan SEO, judul juga harus diperhartikan, jangan asal tulis seperti artikel ini.

Ok, kita lanjut ke intinya. Sebagaimana judulnya, sekarang kita membahas tentang memilih tema. 

Kenapa harus dibahas? Kan tinggal pilih saja yang bagus.

Salah! Duh pedenya ngomong salah. Maksudnya begini, memilih tema harus memperhatikan unsur-unsur bagaimana website ini bisa ramah SEO, bisa ramah jika diakses dari smartphone, ramah spot iklan dan yang terpenting cepat diakses.

Jika semua itu terpenuhi, baru pilih yang enak dilihat dan mudah navigasinya. Kita akan bahas lebih detil.

Theme harus Ramah SEO

SEO itu ada dua bagian yang harus diotak-atik, bagian yang terlihat dan yang semi tak terlihat. Kalau di dunia SEO, kayaknya namanya SEO on Page dan SEO off Page.

SEO off Page itu ada di struktur html yang harus kita otak-atiknya pun pakai ilmu html. Dengan theme yang sudah support SEO, saya yang pemula jadi mudah mengubah-ubah dibagian mana sesuai petunjuk instalasi theme tersebut.

Theme harus Ramah Smartphone

Berbeda dengan layar pc atau laptop yang memanjang ke samping, smartphone memanjang ke bawah. Akan menjadi tidak nyaman jika tampilan untuk layar pc dilihat melalui smartphone. 

Karena itu theme yang kita pilih harus bisa otomatis menyesuaikan tampilan, ketika diakses dari smartphone maupun dari pc. Istilah kerennya responsive design.

Theme harus Cepat saat Load

Ini faktor penting yang harus kita perhatikan. Berdasarkan sumber yang pernah saya baca, pengunjung hanya bertahan selama 3 detik untuk menunggu website muncul. Jika lebih dari itu, mereka akan memilih pergi.

Ini akan dianggap website kita jelek. Padahal tulisan-tulisannya relatif bagus. Namun karena proses loadingnya berat dan lama, akhirnya pengunjung mencari website lainnya. Kan sayang...

Theme harus Ramah Spot Iklan

Yang dimaksud ramah di sini adalah theme harus menyediakan spot-spot yang memudahkan terlihat oleh pengunjung. Namanya juga iklan, kalo tidak terlihat jadi tidak efektif dunk.

Nah, iklan itu nantinya jadi sumber pendapatan kita atas tulisan-tulisan yang sudah kita publikasikan.

Theme harus Enak Dipandang

Tak dapat dipungkiri, mata juga butuh dimanjakan. Karenanya pemilihan tema yang enak dipandang menjadi perhatian penting, karena kita harus bisa memanjakan pengunjung untuk betah berlama-lama membaca tulisan kita.

Salah satunya fitur darkmode atau mode gelap. Untuk sebagian pembaca yang tidak suka layar terang, fitur tersebut sangat membantu pembaca berlama-lama di depan layar membaca tulisan kita.

Theme harus Mudah Navigasinya

Salah satu resep agar pembaca betah berlama-lama di website kita adalah dengan menawarkan tulisan-tulisan yang dirasa menarik. Dengan begitu, pengunjung agak lebih lama mengeksplore website kita melalui tulisan-tulisan tersebut.

Nah, rasanya sudah cukup bahasan kita tentang memilih tema. Jika sudah mendapatkan tema atau theme yang memenuhi unsur-unsur di atas, langsung saja install sesuai petunjuk.

Bikinin tutorialnya?

Hmmm... ok, saya coba cari dulu theme yang menarik. Nanti saya rangkum dalam artikel tersendiri.

Sampai jumpa!

Baca Juga: Tutorial Memasang Theme di Blogger