Menulis dengan Topik Tertentu

Setelah kamu terbiasa menulis, kamu bisa mulai menulis dengan suatu topik. Hal ini harus kamu mulai biasakan, karena tujuan menulis adalah agar tulisan kita bisa dibaca oleh orang lain. Karena alasan dibaca orang lain, tentunya tulisan kita harus memiliki informasi yang bermanfaat buat orang lain yang membacanya.

Karena itu kita harus mengawali dengan memilih topik apa yang ingin kita bahas. Ambil contoh misalnya tentang dompet. Apa yang ingin kamu bahas tentang dompet? Bentuknya, fungsinya atau apanya.

Agar pembahasan topik tentang dompet tidak lari kemana-mana, maka kita harus mencari apa kira-kira informasi yang harus disampaikan terkait dengan kata dompet tersebut.

Kita akan menggunakan tools sejuta umat yang sudah kita kenal, yaitu google. Melalui pencarian di google, kita akan melihat kira-kira apa yang sering dicari orang, dan artikel seperti apa yang sudah ada di internet dan dibahas oleh orang lain.

1. Buka google.com

2. Kemudian ketik dompet

Bisa kita lihat google akan memberikan rekomendasi dari kata dompet seperti yang terlihat pada gambar.

3. Jika rekomendasi yang diberikan oleh google menurut kita kurang cukup, bisa kita tambahkan kata kedua di belakangnya atau di depannya.

Maka akan muncul kembali rekomendasi kata berikutnya yang menunjukkan kata yang sering dicari orang di internet.

4. Setelah kita cocok dengan salah satu rekomendasi yang diberikan google, lakukan penelusuran untuk mendapatkan ide pokok dari apa yang sudah dibahas oleh orang lain.

5. Catat dan kumpulkan ide pokok dan mulailah menulis.

Di awal, kamu akan mengalami kesulitan saat menulis dengan "pembatasan" ide seperti ini. Tidak masalah, jangan berputus asa. Coba perlahan rangkai kata demi kata sesuai dengan ide pokok yang sudah kita kumpulkan.

Pembatasan ide pokok ini sebenarnya menjaga kita agar tidak terlalu panjang membahas kemana-mana. Karena kalau artikel sudah terlalu panjang, biasanya pembaca kurang menyukainya.

Itu dulu pembahasan artikel kita kali ini, jangan lupa, tetap semangat menulis.

Baca Juga: Promosikan Tulisan Kita