Memahami Lebih Dalam Tentang Judul Artikel

PenulisSEOPemula. Setelah bisa menulis dengan lancar, dan sudah bisa menulis dengan jumlah kata di atas 300, lanjutkan untuk menulis di atas 500, kemudian tingkatkan lagi menjadi 800 sampai 1000 kata.

Kalau sudah terbiasa menulis sepanjang itu, mari kita mulai berbenah pada artikel kita. Bahasa lain dari berbenah ini adalah optimasi artikel.

Sebagaimana yang sebelumnya pernah kita bahas, agar tulisan kita bisa dibaca oleh orang lain, maka kita harus mempromosikannya. Dan salah satu promosi gratis yang bisa kita gunakan adalah dari mesin pencarian.

Untuk bisa mendapatkan calon pengunjung tentunya artikel kita harus muncul di daftar pencarian google. Karena itu, coba kita perhatikan terlebih dahulu bagaimana tampilan dari pencarian google.

Gunakan Judul yang Tidak Terlalu Panjang

Pencarian Google disebut juga dengan singkatan SERP, yaitu kepanjangannya Search Engine Result Page. Bentuknya adalah daftar hasil pencarian yang berurutan dalam satu halaman. Kemudian dilanjutkan ke halaman dua, tiga dan seterusnya.

Setiap daftar akan muncul Judul di baris pertama, kemudian cuplikan di baris bawahnya.

Coba perhatikan judul yang muncul. Ternyata Google hanya menampilkan judul tulisan kita, maksimal adalah 100 karakter, termasuk spasi dan tanda baca lainnya. Jika lebih dari itu, Google akan memotongnya dan menggantinya dengan karakter elipsis atau "..." .

Sedangkan jika di versi browser mobile, Google hanya menampilkan 80 karakter saja. Karena itu, penting untuk menentukan panjang karakter, agar bisa terbaca oleh calon pengunjung secara utuh.

Setelah terbaca, selanjutnya menjadi pilihan calon pengunjung, tertarik untuk melihat lebih detil tulisan kita, apa tidak.

Gunakan Hiperbola dalam Judul

Hiperbola adalah melebih-lebihkan. Membuat judul dengan pemilihan kata hiperbola, terbukti efektif untuk memancing keingintahuan calon pengunjung terhadap cuplikan tulisan yang muncul di halaman pencarian.

Membuat judul di awal memang tidak mudah, karena belum terbiasa. Namun seiring waktu, setiap tulisan baru yang kita buat, biasakan membuatnya dengan judul hiperbola, sehingga akan melatih kita untuk terbiasa melakukannya.

Contoh:
Padahal Blog Baru, Tapi Pengunjungnya Bikin Ngiri

Masukkan Unsur Clickbait pada Judul

Clickbait bahasa sederhananya adalah memancing click. Tujuan dari pemilihan kata yang memancing klik adalah untuk menambah rasa penasaran calon pengunjung ke tulisan kita.

Contoh:
Ternyata Ini yang Menyebabkan Blog Kita Kebanjiran Pengunjung

Selain itu yang tidak kalah penting adalah kaidah penulisan judul yang benar sesuai dengan bagaimana dulu kita belajar bahasa Indonesia. Seperti contohnya huruf depan judul pada setiap kata adalah huruf besar, kemudian kata "dan", "yang", "di" harus ditulis huruf kecil. Selain itu penggunaan tanda baca titik dibelakang judul sebaiknya tidak ditulis.

Itulah beberapa hal yang harus kita perhatikan pada penulisan judul.

Baca Juga: