Mulailah Menulis

Judulnya singkat lagi, aduuhhh..., hehe. Ok, jumpa lagi dengan penulis seo pemula. Bahasan kali ini masih santai, sesuai dengan judulnya.

Mari kita mulai!

Sering kali pemula akan mengalami kesulitan untuk mulai menulis. Apalagi kalau sudah harus mencari ide apa yang harus ditulis. Karena itu saya menyarankan, jangan berpikir ide yang terlalu berat. Lihat saja di sekeliling kita ada apa. Misalnya kita sedang ada di kamar, tulis saja kondisi kamar kita.

Karena yang terpenting dari menulis untuk pertama kali adalah membiasakan menulis. Membiasakan memilih kosa-kota yang sudah ada dalam kamus otak kita. Makin sering menulis, kosa-kata yang tertimbun di bagian terdalam otak kita, akan keluar satu per satu, dan merangkai kata demi kata sampai tidak sadar tulisanmu sudah panjang beberapa paragraf.

Hati-hati kalau sudah keasyikan menulis. Kita harus bisa mengerem, atau membatasi, karena terkadang kalimat terlalu panjang dan bertele-tele membuat pembaca juga bosan dan memilih mengakhiri, dan itu bahaya lho. Apa bahayanya, nanti saja di artikel lainnya kalau kita sudah mulai sedikit mahir, karena berkaitan dengan SEO.

Panjang Tulisan yang Ideal

Kalau mikirin berapa panjang tulisan yang ideal agar bisa mendatangkan banyak pengunjung, kita akan dibuat pusing di awal. Sebaiknya lupakan dulu. Menulis saja dengan lancar. Mau seseorang mengatakan 300 karakter sudah cukup, 500 karakter lebih baik, 1000 lebih disukai google, biarkan orang berkata begitu. Kita simpan saja dulu informasinya, dan tetap fokus melatih tulisan kita.

Tantang Menulis dengan Topik Tertentu

Kalau sudah mulai terbiasa menulis, tantang diri kita menulis dengan topik tertentu. Sekali lagi, tidak perlu memaksakan memilih topik yang berat. Pilih saja misalnya musik, kuliner, kawasan wisata, apa saja yang melintas di otakmu

Kalau sudah dapat ide topiknya, langsung tulis saja. Kabar baiknya, blogger ini bisa dibuka lewat smartphone. Desainnya sudah responsive, jadi mengikuti lebar layar smartphone kita. Karena itu, langsung saja tuangkan ide kita dengan menulis melalui layar smartphone. Daripada pake buka laptop kelamaan, nanti malah ide di otak keburu hilang.

Coba Konsisten Publish 1 Hari 1 Tulisan

Ini tantangan berikutnya, kita harus mencoba naik level dengan mempublish 1 hari 1 tulisan. Kenapa harus begitu, agar kita bisa mulai mencintai pekerjaan ini. Dan tentunya juga dicintain sama robot google.

Maksudnya begini, google itu sering berkunjung ke website semua orang di seluruh dunia. Jika websitenya ada penghuninya, alias ada tulisan yang update setiap hari, maka google akan berusaha berpatroli lagi di hari lain setiap hari.

Ya mirip satpam kali ya, hehe..

Tapi bedanya, google itu ga suka sama rumah kosong. Jadi kalau ga ada tulisan baru, google enggan datang lebih sering di rumah kita.

Emang apa efeknya?

Robot google itu adalah tamu yang paling ditunggu sama sebagian besar website. Karena kalau google sudah berkunjung, dia akan merayap semua halaman web kita, dan menyortirnya untuk dipasangkan dengan kata kunci.

Nantinya kalau ada orang yang mencari topik tertentu melalui google, ia dengan sukarela menampilkan cuplikan tulisan kita, yang nantinya si pengunjung akan melihat tulisan lengkapnya di website kita.

Kan jadi keren kalau banyak yang berkunjung di rumah kita. Benar ga?

Baca Juga: Gunakan Postingan Terjadwal, Membantu di Saat Kehabisan Ide